Mengental Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Hidro

Energi hidro atau tenaga air merupakan energi yang berasal dari energi yang dihasilkan oleh air jatuh atau memanfaatkan air mengalir cepat, yang dapat digunakan untuk memutar turbin sehingga dapa. Sejak dahulu kala, pembangkit listrik tenaga air dari banyak jenis aliran air telah banyak digunakan sebagai sumber energi untuk pengairan dan juga pengoperasian berbagai perangkat mekanis, seperti contohnya pabrik gandum, pabrik pemotongan kayu, pabrik tekstil, dermaga , lift domestik dan pabrik bijih. Sebuah turbin, yang menghasilkan daya tekan dari air yang jatuh, seringkali digunakan untuk menyalakan mesin lain dari kejauhan.

Pada akhir abad ke-19, tenaga air pertama kali digunakan menjadi sumber pembangkit tenaga listrik. Cragside di Northumberland merupakan rumah pertama yang didukung oleh pembangkit listrik tenaga air pada tahun 1878 dan pembangkit listrik tenaga air komersial pertama dibangun di air terjun Niagara Falls pada tahun 1879. Pada tahun 1881, lampu-lampu di kota Niagara Falls disuplai listrik oleh pembangkit listrik tenaga air .

Sejak awal abad ke-20, istilah hydroenergy ini telah digunakan hampir secara eksklusif dalam kaitannya dengan perkembangan modern tenaga air. Organisasi-organisasi internasional seperti Bank Dunia telah melihat tenaga air sebagai alat untuk pembangunan ekonomi tanpa menghasilkan karbon ke atmosfer yang dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan alam. Selain itu dampak negatif terhadap lingkungan sekitar juga sangat minim dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s