Teknologi Mobil Ramah Lingkungan

Green car atau kendaraan ramah lingkungan merupakan kendaraan bermotor sama seperti kendaraan yang biasa kita gunakan untuk bertransportasi, namun memiliki sistem pembakaran atau sistem kerja mesin yang menghasilkan dampak yang tidak berbahaya bagi lingkungan seperti yang dihasilkan oleh mesin konvensional seperti mesin diesel atau bensin. Salah satu pelopor mobil ramah lingkungan yaitu tesla yang sudah mulai memproduksi mobil listrik.

Saat ini, di beberapa negara sudah dilakukan standar emisi yang ketat terutama untuk kendaraan keluaran baru, standar ini menggunakan berbagai istilah seperti Euro6, ZEV, ULEV, SULVEV, PZEV.

Green car pada umumnya menggunakan bahan bakar alternatif dan teknologi kendaraan canggih dan mencakup kendaraan listrik hibrida, kendaraan listrik hibrida charging, kendaraan listrik baterai, kendaraan hidrogen dan sel bahan bakar, kendaraan berbahan bakar etanol, kendaraan berbahan bakar fleksibel, kendaraan gas alam, kendaraan diesel bersih, dan beberapa sumber juga mencakup kendaraan yang menggunakan campuran biodiesel dan bahan bakar etanol atau gasohol.

Analisis lingkungan merupakan hal paling penting yang jauh melampaui efisiensi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Selain itu penilaian siklus hidup yang melibatkan pertimbangan produksi dan pasca penggunaan juga merupakan salah satu faktor penting.

Beberapa penulis juga memasukkan kendaraan bermotor konvensional dengan ekonomi kendaraan berbahan bakar konvensional, karena mereka menganggap bahwa peningkatan penghematan bahan bakar merupakan cara yang dinilai paling efektif untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi jumlah emisi gas karbon di sektor transportasi dalam jangka pendek yang jumlahnya saat ini sudah masuk kedalam kategori yang menghawatirkan.

Sebagai bagian dari kontribusinya terhadap transportasi berkelanjutan, kendaraan ramah lingkugan ini dapat mengurangi polusi udara dan juga emisi gas rumah kaca sehingga dapat membantu mengurangi dampak pencemaran udara yang sudah cukup parah, selain itu mobil listrik juga berkontribusi terhadap kemandirian energi dengan mengurangi penggunaan minyak yang jumlahnya semakin hari semakin terbatas dan dapat habis suatu saat nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s