Formula E – Ajang Balapan Motorsport Ramah Lingkungan

Biasanya ajang balapan ataupun motorsport dikenal sebagai olahraga yang boros dan cenderung tidak ramah lingkungan karena menggunakan mesin-mesin bertenaga besar yang menghasilkan emisi gas buang yang sangat besar. Namun kali ini gebrakan coba dilakukan oleh Formula E atau Formula Elektrik, yang mana pada balapan ini semua mobil formula yang digunakan wajib menggunakan mesin listrik dengan dukungan baterai untuk menyimpan daya.

Pertama kali dilangsungkan pada tahun 2014, formula e berkembang sangat pesat saat ini apabila dibandingkan dari tahun pertama penyelengaraannya. Mobil-mobil formula e tahun ini pun jauh melesat sangat cepat apabila dibandingkan dengan mobil formula e versi pertama. Dan tentunya tetap menggunakan energi listrik yang ramah lingkungan.

Rata-rata tenaga yang dihasilkan oleh mobil balap formula E yaitu setara dengan 250 Hp (tenaga kuda) yang tentunya merupakan suatu tenaga yang sangat mengagumkan mengingat tenaga ini dihasilkan oleh energi listrik. Selain itu maksimum kecepatan yang bisa ditempuh oleh mobil ini adalah 225 km/jam.

Ajang formula E agak sedikit berbeda dengan ajang-ajang balap formula lainnya, dimana formula E diadakan di jalanan / street circuit yang memanfaatkan jalan raya yang disulap menjadi sebuah sirkuit balap jalan raya. Beberapa kota besar yang menjadi penyelenggara balapan Formula E diantaranya adalah : Berlin, Montreal, Beijing, Berlin, Hongkong, Moscow, Mexico dan banyak kota-kota lainnya.

Begitu pula dengan peserta ajang balapan ini yang setiap tahunnya terus bertambah seiring dengan mulai beralihnya pabrikan-pabrikan mobil besar untuk mencoba alih teknologi kepada teknologi listrik. Pabrikan-pabrikan mobil yang turut ikut serta diajang balapan Formula Elektrik diantaranya : Jaguar, BMW, Renault, Audi dan kedepannya direncanakan Mercedez Benz, Nissan dan Porsche juga akan ikut ambil bagian di balapan ini.

Kampanye ramah lingkungan tentu saja bisa dilakukan oleh berbagai hal, dan salah satu caranya adalah seperti menggelar ajang balapan ramah lingkungan Formula E ini. Kita berharap kedepannya akan banyak ajang-ajang lain yang digunakan sebagai bahan kampanye ramah lingkungan untuk bisa menciptakan bumi kita yang lebih sehat dan hijau sebagai warisan untuk anak cucu kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s